Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Putus Nyambung Hubungan Cinta, Haruskah Dipertahankan?

Written by on November 11, 2020

Jakadara pernah ngerasain pacaran putus nyambung?

Pacaran putus nyambung adalah suatu hubungan antar dua orang dimana keduanya berharap untuk terus berpacaran namun sulit untuk menjalankannya dikarenakan adanya konflik yang berkepanjangan. Yang melatarbelakangi hubungan putus nyambung ini biasanya adalah pasangan memiliki kualitas diri yang sangat disukai, sekaligus memiliki kepribadian yang sangat dibenci.

Selain itu, hal yang menyebabkan putus nyambung biasanya karena Jakadara susah move on dari mantan. Menurut penelitian, hanya perlu waktu kurang dari 2 bulan untuk dapat nyambung lagi setelah putus. Saat kembali menjalin hubungan, biasanya pasangan tersebut memiliki harapan untuk dapat lebih bahagia dan berkomitmen dalam menjalani hubungan.

Kale Monk, asisten profesor pengembangan manusia dan ilmu keluarga di Missouri University, menyebutkan bahwa hubungan putus nyambung dapat diasosiasikan dengan tingginya kekerasan dalam hubungan, komunikasi yang buruk, dan rendahnya komitmen. Mayoritas pasangan pelaku putus nyambung ini adalah remaja dan dewasa muda. Sedangkan pasangan dewasa cenderung tidak terjebak dalam hubungan putus nyambung karena lebih berkomitmen dan mencari pasangan untuk hubungan jangka panjang.

Salah satu dampak buruk dari hubungan putus nyambung adalah munculnya kelelahan batin akibat hubungan yang tidak menentu. Dalam beberapa kasus hubungan putus nyambung juga dapat menyebabkan munculnya kecemasan dan depresi.

Oleh karena itu Kale Monk menyarankan pada Jakadara yang berencana untuk nyambung lagi dengan mantan agar meyakini hubungan yang dimiliki. Hubungan tak seharusnya hanya didasari dengan rasa tanggung jawab, tapi juga dedikasi. Jakadara harus dapat melihat faktor kenapa berpisah. Apakah alasan putus bisa ditoleransi? Jika tidak, mungkin sudah waktunya Jakadara benar-benar berpisah dan putus hubungan dengan si dia. 

Kalau Jakadara gimana, udah berapa kali putus nyambung nih?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *