Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Mitos Tentang Werewolf dan Rekomendasi Film Werewolf Untuk Temani Malammu

Written by on November 11, 2020

Lycan, werewolf atau manusia serigala adalah makhuk setengah manusia setengah serigala yang dikenal di wilayah Eropa. Konon werewolf berubah wujud dari manusia menjadi serigala saat bulan purnama, yaitu waktu saat kekuatan mistiknya mencapai puncak. Banyak dikisahkan bahwa werewolf kerap memburu manusia, jika ada manusia yang terkena gigitan atau cakaran maka ia akan berubah menjadi werewolf juga. Konon werewolf hanya bisa mati saat ditembakkan pasak atau peluru perak tepat di jantungnya.

Tapi tahu gak sih, ternyata mitos juga banyak tertulis pada literatur kuno lho… Misalnya saja dalam mitologi Yunani kuno, raja Arcadia yang bernama Lycaon disebut diubah menjadi serigala oleh dewa Zeus akibat mengorbankan dan memakan daging anaknya. Nama itulah yang mengilhami nama Lychantrophy/Lycan seperti sekarang. 

Pada tahun 60 masehi seorang penulis bernama Gaius Petronius menulis sebuah cerita dalam bukunya tentang Niceros yang menyaksikan sahabatnya berubah menjadi serigala. Lalu ada buku berjudul Histories karya Herodotus disebutkan tentang Neuri, sebuah suku yang berada di timur laut Scythia (utara Ukraina), yang penduduknya dapat berubah menjadi serigala setiap Sembilan tahun.

Walau banyak ditemukan di Eropa, namun kisah tentang werewolf juga dapat ditemukan di negara ain. Suku Indian Amerika menyebutkan tentang makhluk yang dikenal dengan nama Skin Walker. Di Turki disebut Turkadam, sedangkan di Amerika tengah dikenal dengan nama Nagual. Yang menarik, orang Eropa dan Amerika menganggap Leak Bali sebagai Werewolfnya Indonesia.

Jika Jakadara tertarik dengan kisah werewolf, Jakadara bisa mencoba untuk menonton rekomendasi film werewolf seperti Silver Bullet, Underwolrd, Ginger Snap, Wolven, Then Howling, dan An American Werewolf. Lhoh, The Twilight Saga kok ngga masuk rekomendasi? Hm… Walau novel karya Stephanie Meyers ini terkenal dan sukses, namun transformasi werewolf di film ini cukup mengecewakan. Dibanding menjadi werewolf, Jacob dkk lebih cocok disebut sebagai shape shifter.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *