Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Menjelajah Lubang Terdalam di Bumi, Mempesona dan Menegangkan

Written by on November 11, 2020

Manusia memiliki rasa ingin tahu tanpa batas. Tak hanya tentang angkasa luar, bagian dalam bumi. Berbagai penjelajahan ditempuh untuk dapat mengungkap rahasia alam. Berikut ini adalah dua penjelajahan di bagian terdalam bumi yang luar biasa. 

Dean’s Blue Hole

Lubang biru adalah sebutan untuk fenomena gua di bawah air  yang terbentuk dari sinkhole, sebuah lubang runtuhan berisi air. Dean’s Blue Hole terletak di Clarence Town, Long Island, Bahama, Amerika Serikat dan merupakan lubang biru terdalam yang pernah ditemukan. Amuzing Planet menyebutkan bahwa Dean’s Blue Hole sudah terbentuk sejak zaman es lho…

Kedalaman Dean’s Blue Hole mencapai 220 meter dan merupakan salah satu lokasi penyelaman paling populer di Bahama. Jika Jakadara menyelam ke dalam gua bawah air ini, Jakadara akan menemukan bagian dalam gua yang jauh lebih luas dan indah daripada permukaannya. Sayangnya tidak semua orang boleh menjelajah lubang yang unik ini, hanya penyelam bersertifikat saja yang diperkenankan menikmati indahnya Dean’s Blue Hole.

Kola Superdeen Borehole (KSB)

Ini adalah sebuah lubang buatan manusia yang berasal dari sisa sumber minyak yang lama tidak digunakan. Dalamnya Kola Superdeen Borehole mencapai 12 kilometer dalam bumi dan menjadikan Kola Superdeen Borehole sebagai lubang terdalam yang pernah di bor oleh manusia. Pembangunan Kola Superden Borehole berjalan selama 24 tahun, yaitu pada tahun 1970-1994. Pengeboran Kola Superdeen Borehole terhenti pada tahun 1994 karena suhu di sekitar bumi melonjak dari 100 derajat Celcius menjadi 180 derajat Celcius, menyebabkan bor tidak berfungsi dengan baik.

Penemuan yang paling menarik saat proses penggalian Kola Superdeen Borehole adalah pendeteksian fosil mikroskopis plankton dibatuan berusia lebih dari 2 miliar tahun. Fosil itu ditemukan empat mil di bawah permukaan laut. Bryan Nelson dari Mother Nature Club mengungkapkan bahwa Fosil mikroskopis ini mewakili sekitar 24 spesies purba dan terbungkus dalam senyawa organik yang entah bagaimana bertahan dari tekanan dan suhu ekstrem yang ada sejauh ini di bawah Bumi,

Ada berita yang menyebutkan bahwa Kola Superdeen Borehole dihuni makhluk halus. Hal itu dibuktikan dengan adanya suara misterius di Kola Superdeen Borehole.

Kalau Jakadara diminta untuk memilih, kalian pilih mengunjungi Dean’s Blue Hall atau Superdeen Borehole?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *