Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Tidur Dengan Lampu Mati atau Lampu Menyala? Ini Dampak Positif dan Negatifnya

Written by on October 31, 2020

Setiap manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan energi di sela-sela kesibukannya. Tidur merupakan salah satu cara untuk mengembalikan energi. Namun tidur tidak bisa sembarangan tidur. Agar mendapat hasil terbaik, tidur Jakadara harus berkualitas.  Untuk dapat memiliki tidur yang berkualitas ada beberapa poin yang dapat Jakadara coba.

  • Memiliki waktu tidur yang terjadwal sehingga tubuh terbiasa dengan rutinitas tidur ini.
  • Usahakan punya rutinitas sebelum tidur setidaknya 30 menit sebelumnya. Jakadara dapat relaksasi, berbaring di kasur sambil membaca buku atau menulis jurnal. Jauhi media elektronik ya.
  • Hindari tidur siang terlalu lama sehingga mengganggu jadwal tidur dan dapat menyebabkan insomnia. Tidur siang idealnya dilakukan selama sekitar 20 menit saja.

 

Saat tidur Jakarda juga harus memperhatikan kondisi penerangan. Apakah Jakadara akan tidur dengan lampu mati atau lampu yang menyala. Kedua pilihan ini memiliki dampak positif dan negatif bagi Jakadara. Paparan cahaya saat tidur bekerja dengan menstimulasi aliran sel saraf dari mata ke bagian dari otak. Mereka dapat mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lainnya yang bertugas membuat Jakadara merasa ngantuk.

 

Tidur dengan pencahayaan yang redup atau kondisi lampu yang mati akan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dapat bermanfaat pada kesehatan kulit, termasuk di sekitar area mata. Siapa sangka bahwa tidur dengan lampu redup dapat menjaga kesehatan reproduksi, yaitu melancarkan siklus menstruasi. Yang tak kalah penting, tidur dengan lampu redup atau lampu mati dapat mengurangi resiko obesitas.

Tidur dengan lampu menyala dapat mempersulit otak untuk dapat tidur lebih dalam (deep slep). Saat Jakadara tidur dengan lampu menyala, Jakadara akan terpapar cahaya secara berlebihan sehingga tekanan darah akan cenderung lebih tinggi. Jika terus tidur dalam kondisi lampu menyala dalam jangka panjang, maka akan terjadi peningkatan resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Ternyata dari perbedaan lampu mati dan lampu menyala saat tidur sangat berpengaruh pada kesehatan Jakadara ya. Sekarang Jakadara mau tidur dengan lampu mati atau lampu menyala?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *