Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ketemu Orang, Ingat Wajahnya Tapi Lupa Namanya?

Written by on October 27, 2020

Ternyata ngga hanya Jakadara yang sering ketemu orang, ingat wajahnya tapi upa namanya. Banyak kok yang mengalami hal serupa. Hal ini karena otak kita memiliki bagian khusus untuk mengingat wajah, namun tidak memiliki bagian khusus untuk mengingat nama. Jadi bisa dibilang ini adalah kasus yang normal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Jakadara lakukan untuk mengatasi situasi awkward dengan orang ‘asing’ tersebut.

Gunakan panggilan umum

Agar tidak salah sebut nama Jakadara dapat menggunakan panggilian umum kepada orang tersebut. Jika orang itu sebaya dengan Jakadara maka dapat dipanggil bro, sis, say, dan sebagainya. Jika usianya lebih tua bisa gunakan panggilan mas, mbak, pak, atau bu. Pangilan njenengan atau kamu juga dapat menjadi pilihan untuk bermain aman.

Cari benang merah

Jakadara bisa mulai ngobrol sambil mengingat-ingat nama orang itu. Coba cari kesamaan hubungan seperti teman yang sama, sekolah, hobi, pekerjaan, dan sebagainya. Biasanya saat obrolan sudah mengalir akan ada ‘aha’ effect yang menunjukkan identitas orang itu.

Tanyakan media sosial

Jakadara juga dapat mencoba menanyakan nomor telepon, email, dan media sosial teman tersebut untuk mengetahui namanya. Efektif kan…

Jujur

Jika teman tersebut tidak punya media sosial atau emailnya menggunakan nama yang unik tanpa unsur nama asli, maka ini adalah saatnya Jakadara untuk jujur padanya bahwa Jakadara lupa nama teman tersebut. Lupa nama seseorang adalah hal yang lumrah. Tinggal pinter-pinternya Jakadara mengatur kata agar tidak menyinggung perasaannya.

Agar Jakadara dapat mengingat nama dengan baik Jakadara dapat lebih sering memanggil nama teman bicara Jakadara.

Kalau Jakadara biasanya sering lupa nama teman atau sering dilupakan? #eh


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *