Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Onggo-inggi, Sosok Hantu Misterius dari Sungai Bengawan Solo

Written by on October 23, 2020

Urband legend selalu ada di setiap daerah. Mulai dari Jerangkong, Leak, Kuyang, Balum Bili, dan masih banyak lagi. Di wilayah Solo Raya salah satu yang kerap Jakadara temui adalah cerita tentang onggo-inggi di sungai Bengawan Solo. Terlepas dari besarnya arus sungai saat musim penghujan, ada faktor mistis yang kerap disangkut pautkan saat ada korban yang tenggelam di sungai Bengawan Solo, yaitu adanya keberadaan hantu/siluman onggo-inggi.

 

Onggo-inggi digambarkan sebagai salah satu jenis hantu jahat karena kerap mencelakai manusia yang kebetulan berada di wilayah onggo-inggi. Secara spesifik disebutkan bahwa onggo-inggi memiliki wujud berupa kepala tanpa badan yang memiliki rambut panjang dan gimbal yang selalu berkelana di dalam air. Korban onggo-inggi biasanya dibelit menggunakan rambut panjangnya, lalu dibawa ke tengah perairan hingga korban kelelahan, hingga kemudian dimasuk kedalam air untuk dimangsa.

 

Masyarakat mempercayai bahwa korban yang sudah dibawa onggo-inggi tidak akan kembali dan jasadnya tidak pernah ditemukan. Walaupun kondisi air sungai surut dan mengering, onggo-inggi tetap tidak akan Jakadara temukan karena mereka adalah makhluk gaib. Air hanyalah perantara onggo-inggi untuk sampai di dunia manusia untuk mencari mangsa.

 

Belum lama ini ada sebuah video yang beredar tentang penemuan onggo-inggi di sebuah sungai. Disebutkan bahwa sang pengunggah video tiktok, @kangtohid512, sedang memancing di sungai yang angker bersama temannya. Saat asyik memancing tiba-tiba dari dalam air muncul sosok berwarna hitam-putih, namun tak lama kemudian sosok itu menghilang. Sosok itu disebut-sebut sebagai penampakan onggo-inggi.

Apakah Jakadara percaya dengan keberadaan onggo-inggi? Atau Jakadara meyakini onggo-inggi hanyalah mitos untuk menjaga perairan kita tetap terjaga dan terawat?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *