Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Yuk, Nostalgia Majalah Favorit Generasi 90-an

Written by on October 19, 2020

Tahukah Jakadara bahwa langkah jitu remaja generasi 90-an untuk selalu update adalah dengan membaca majalah? Berbeda dengan jaman sekarang di mana kita bisa mendapat semua informasi dalam genggaman, remaja jaman dulu harus sabar menanti setiap seminggu sekali, dua minggu sekali, bahkan sebulan sekali untuk dapat memperoleh informasi. Yang dinantikan remaja saat itu biasanya adalah gosip selebrits, tips seputar pacaran, zodiak, tren mode terkini, cerpen (cerita pendek) atau cerbung (cerita bersambung), dan masih banyak lagi. Nah, majalah apa saja yang jadi andalan Jakadara generasi 90-an? Let’s check this out…

Gadis

Majalah ini ada dibawah naungan Femina Group. Pertama kali terbit pada tahun 1973 dan merupakan majalah remaja yang dapat bertahan hingga saat ini. Sejak dulu desain cover Gadis merupakan salah satu yang artistik, sekarang, desain covernya pun tetap cantik dan makin modern. Ada banyak artis sukses lahir dari ajang pemilihan Gadis Sampul yang diadakan di majalan ini, diantaranya Krisdayanti, Ersa Mayori, Dian Sastro Wardoyo, Astrid Tiar, dan Dahlia Poland. Hingga kini Gadis masih konsisten dalam membantu para remaja untuk mengembangkan diri, salah satunya adalah event Gadis Academy Ed You Cation Class yang diadakan secara daring dan dibuka pada awal September 2020. Info update majalah Gadis dapat diperoleh di akun instagram @gadismagz.

Kawanku

Kawanku merupakan salah satu majalah remaja putri yang berusia antara 13 sampai 16 tahun. Dulu  Kawanku terbit setiap hari minggu. Informasi yang diberikan biasanya mengenai masalah fashion, psikologi, cerpen, film, musik, dan selebritas. Majalah remaja ini terbit pertama kali pada tahun 1970 dan mengakhiri edisi cetaknya pada tahun 2016. Jakadara masih dapat menikmati versi digital majalah Kawanku di laman www.cewebanget.id.

Aneka Yess!

Majalah ini pertama kali terbit pada tahun 1990 dan edisi cetaknya berakhir di tahun 2014. Yang menjadi ciri khas majalah ini adalah desain covernya yang semarak. Banyak penggunaan warna kontras dalam satu frame. Begitu juga dengan pilihan pakaian yang dikenakan model cover, penuh warna. Walau ditujukan untuk remaja putri, namun isi majalah Aneka Yess bisa dibilang cukup variatif dan unisex. Apalagi Aneka Yess memiliki event tahunan pemilihan cover yang biasa disebut dengan Coboy dan Cogirl. Beberapa artis ternama yang lahir dari ajang ini adalah Titi Kamal, Luna Maya, Irfan Hakim, dan Andhika Pratama.

Hai

Majalah Hai memiliki spesifikasi yang berbeda dengan majalah lainnya. Majalah ini lebih mengarah pada remaja pria. Bahan tulisannya pun bisa dikatakan cukup berani, salah satunya adalah mengangkat isu-isu yang dianggap tabu yang tentu saja dengan gaya penulisan yang asyik dan sesuai untuk remaja. Majalah yang pertama kali terbit pada tahun 1977 ini harus mengakhiri edisi cetaknya dan beralih menjadi www.hai.grid.id pada tahun 2017.

Mana nih majalah yang jadi langganan Jakadara?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *