Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Ngga Bisa Menjawab Soal Ujian? Ini Dia 4 Cara Jitu Untuk Menebak Jawaban Ujian

Written by on October 5, 2020

Jakadara pasti sering ketemu dengan yang namanya ujian. Mulai dari ujian evaluasi seperti ulangan harian, UTS, UAS, dan UN maupun ujian seleksi seperti SBMPTN, UTUL, dan Ujian Mandiri lainnya. Untuk dapat mengerjakan ujian dengan lancar, selain belajar dengan rutin tentunya Jakadara harus memiliki strategi. Beberapa diantara adalah dengan mengerjakan dulu soal yang mudah secepat mungkin, tinggalkan soal yang sulit, siapkan spare waktu untuk re-check soal dari awal, dan masih banyak lagi.

Ada kalanya walau Jakadara sudah melakukan berbagai persiapan dan strategi namun masih kesulitan mendapat jawaban, akhirnya tersisa dua pilihan, nyontek atau pasrah. Nah, berikut ini 4 tips cara jitu menebak jawaban ujian yang mungkin bisa Jakadara coba.

1. Perhatikan kata kuncinya jika soal menuntut Jakadara untuk menjawab benar atau salah. Tebak benar jika Jakadara melihat kata-kata seperti beberapa, sebagian besar, atau sedikit. Kata yang bersifat antara memiliki kemungkinan benar yang besar jika dibandingkan kata absolut. Dapat disimpulkan juga  bahwa Jakadara dapat menebak salah jika menemukan kata absolut pada soal ujian.
2. Singkirkan jawaban yang ganjil dan angka tertinggi dan terendah pada opsi pilihan ganda. Abaikan pilihan yang lucu, jelas-jelas salah, atau tampak benar-benar di luar pilihan jawaban yang tersisa. Jika jawabannya berupa angka, singkirkan pilihan tertinggi dan terendah, kemudian tebaklah di antara pilihan yang tersisa di tengah.

3. Pilihlah jawaban yang terasa familier. Terkadang jawaban yang benar dapat memicu perasaan deja vu. Jika Jakadara merasa galau antara jawaban yang familier dan jawaban dengan istilah yang belum pernah Jakadara lihat, maka pilih jawaban yang bisa diingat.

4. Pilihlah jawaban yang paling panjang. Jika Jakadara menemukan jawaban yang lebih panjang dan lebih rinci daripada yang lain, mungkin itulah jawaban yang benar. Kadang, pilihan yang benar harus menyertakan lebih banyak detail sehingga pilihan jawaban tersebut pasti benar.

Cara yang mana saja nih yang sudah Jakadara coba? Kalau masih kesulitan juga, mungkin Jakadara bisa coba untuk menghitung kancing atau melempar koin, hehehe…. 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *