Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Ambivert Itu Apa Sih, Ternyata Ada Kepribadian Selain Introvert dan Extrovert Lho

Written by on October 5, 2020

Jakadara pernah lihat ada war di thread twitter atau komen instagram? Ada saja yang bisa jadi bahan war entah itu antara fans-haters genre musik tertentu, pandangan politik, bahkan tentang kepribadian. Hmmm… Apaan tuh? Belakangan ini anak milenial kerap mengklaim dirinya sebagai seorang introvert atau ekstrovert. Padahal, sebenernya mereka ngga introvert banget atau se-ekstrovet yang mereka katakan. Biar Jakadara ngga salah, yuk kita pahami apa itu introvert, ekstrovert, dan ambivert.

Carl Jung adalah psikolog yang mempopulerkan ketiga istilah kepribadian ini.

Introvert adalah orang yang cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari dalam diri sendiri. Seorang introvert harus mengeluarkan banyak energi untuk bersosialisasi.

Ekstrovert merupakan kepribadian yang menemukan kebahagian dari luar diri mereka sendiri. Untuk ekstrovert, aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, bertukar informasi dengan banyak orang dan bergaul adalah hal yang menyenangkan. 

Tapi tahukah Jakadara kalau ternyata 2/3 manusia di bumi berkepribadian ambivert, yaitu suatu kepribadian yang berada di tengah-tengah antara introvert dan ekstrovert. Seorang ambivert bisa lebih fleksibel dalam bersosialisasi dan meanagemen diri. Karena memiliki dua sisi kepribadian tersebut, jika Jakadara dapat mengoptimalkan sisi positif dari kedua kepribadian introvert dan ekstrovert Jakadara akan lebih berhasil dalam menjalani kehidupan sosial. 

Nah,Jadi, apakah Jakadara seorang introvert, ekstrovert, atau ambivert nih?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *