Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


4 Hal Yang Bisa Merusak Persahabatan, Mana Yang Pernah Terjadi Padamu?

Written by on September 30, 2020

Persahabatan bagai kepompong

Merubah ulat menjadi kupu-kupu…

Jakadara pasti pernah mendengar lagu itu, kalau tidak di radio, minimal Jakadara pasti pernah mendengar di TV karena lagu itu merupakan soundtrack salah satu FTV yang hype pada masanya. Lagu ini menggambarkan bahwa bersahabat dengan orang-orang dan lingkungan yang tepat memang dapat merubah Jakadara menjadi sosok yang lebih baik. Namun, ada kalanya muncul masalah dalam persahabatan yang dapat menyebabkan persahabatan retak dan terputus bahkan hingga bertahun-tahun. Apa saja sih yang dapat menyebabkan rusaknya sebuah persahabatan?

Masalah Cinta

Perkara cinta dalam persahabatan memang ngeri-ngeri sedap. Punya crush yang sama dengan sahabat bisa membuat Jakadara galau luar biasa. Mau milih ngejar cinta tapi sahabatan sudah lama, mau milih sahabat, tapi si dia begitu menggoda. Atau dalam kasus ekstrim ternyata sahabat kita nikung pacar, akh…. Bikin hati terpotek-potek gak sih…. Kalau Jakadara bisa melewati fase ini, dijamin persahabatan Jakadara akan awet hingga kakek nenek. Setuju?

Masalah Uang

Uang bisa berbahaya bagi persahabatan. Yang seringkali merusak adalah hutang. Mau nagih segan, tapi butuh banget buat bayar kontrakan. Diperlukan hati seluas samudera untuk terbebas dari perkara ini. Dalam kasus ini Jakadara bisa meniru sikap Chandler Bing dan Joey Tribbiani dalam serial Friends. Saking dekatnya hubungan persahabatan mereka, Chandler ikhlas membantu saat  Joey butuh bantuan materi. Sebagai balasannya, saat Joey sudah sukses, diapun membantu Chandler saat sedang ditimpa masalah finansial. Friendship goal banget gak sih…

Terlalu Sibuk

Ga nyangka kan kalau alasan ini bisa merusak persahabatan. Kirain hanya berlaku untuk hubungan romantis seperti pacaran dan pernikahan. Nyatanya saat Jakadara terlalu sibuk dan tidak sempat meluangkan waktu untuk sahabat, hal ini bisa merusak hubungan kalian. Beruntung kini ada media sosial dengan berbagai fitur chat yang bisa menjadi ajang untuk komunikasi. Minimal sempatkan untuk berbalas pesan singkat. Jangan Cuma di read saja ya, nanti malah bisa salah paham, hehehe….

Bergossip

Punya kebiasaan ngomongin orang a la bu Tejo? Jakadara harus hati-hati dengan sikap ini. Suka ngomongin orang apalagi cenderung bicara hal negatif akan menimbulkan ketidakpercayaan dalam hubungan persahabatan. Kalau di depan Jakadara saja berani bicara lantang tentang keburukan orang lain, jangan-jangan dibelakang kita juga membicarakan buruknya kita…. Ghibah terooos….. Ah, malah jadi negthink khan…

Jakadara punya pengalaman lain yang merusak hubungan persahabatan? Sharing dong…..


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *