Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Manfaat Arang Untuk Tanaman dan Manusia

Written by on September 28, 2020

Dia hitam dan penuh manfaat tapi bukan kamu.

Apakah itu?

Jangan baper lho ya karena dia  adalah arang, heheheā€¦

Ada beberapa jenis arang yang dikenal masyarakat, diantaranya adalah arang kayu, arang sekam padi, arang tempurung kelapa, dan sebagainya. Yang paling menarik, ternyata arang memiliki banyak manfaat baik itu bagi manusia maupun tanaman. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Manfaat Arang Bagi Tanaman

Arang kayu bersifat penyangga, artinya, jika ada kesalahan dalam pemberian unsur hara dalam pupuk, arang akan cepat menetralisirnya sehingga tidak membahayakan tanaman. Arang juga dapat menetralisir kadar air tanah, bahkan arang juga dapat digunakan menjernihkan air. Caranya adalah dengan memasukkan arang dalam kantung lalu merendamnya dalam sumber penyimpanan air di rumah Jakadara.

Arang juga dapat menjadi media tanam anggrek karena tidak bersifat mengikat air. Yang mengejutkan, arang juga mampu menyerap gas atau zat beracun lho, jadi ga heran kalau bunga anggrek yang ditanam menggunakan media arang jadi subur dan sehat.

Manfaat Arang Bagi Tubuh Manusia

Arang ini biasa disebut arang aktif, bahasa kerennya sih activated charcoal. Arang jenis ini dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua atau serbuk kayu yang kemudia diaktifkan menggunakan bahan kimia tertentu untuk memperbesar permukaan dan meningkatkan daya ikatnya. Arang aktif ini biasanya dijual dalam bentuk serbuk dan pil. Kabarnya arang aktif dapat dikonsumsi untuk proses detoksifikasi atau menghiangkan racun dalam tubuh. Arang aktif juga dapat memutihkan gigi, mengobati jerawat, mengusir bau badan, bahkan mengobati gigitan serangga. Jadi jangan heran jika kini banyak produk dari perusahaan besar berlomba-lomba mengeluarkan produk yang mengandung activated charcoal sebagai andalannya.

Ternyata manfaat arang luar biasa ya. Jakadara pernah menggunakan arang untuk apa saja nih?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *