Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Pacaran Sama Yang Lebih Tua, Yay or Nay?

Written by on September 26, 2020

Jakadara pernah tertarik atau pacaran dengan seseorang yang usianya lebih tua? Berbeda dengan wanita yang dianggap wajar pacarah dengan pria yang usianya lebih tua, pria yang pacaran dengan wanita yang lebih tua membuat beberapa orang mengernyitkan dahi. Apalagi jika rentang usianya lebih dari 5 tahun. Di Indonesia sendiri ada beberapa hubungan beda usia yang pernah menjadi sorotan, diantaranya adalah Raffi Ahmad-Yuni Shara, Ariel Noah-Shophia Latjuba, dan Ikhsan Tarore-Denada. Pasangan yang menikah beda usia dan nampak harmonis diantaranya adalah Darius Sinatria-Donna Agnesia dan Andhika Pratama-Ussy Susilowati.

Jika dilihat dari contoh di atas, maka Jakadara dapat melihat bahwa selalu ada kemungkinan untuk gagal atau berhasil saat menjalin hubungan dengan pasangan yang lebih tua. Kenapa pacaran dengan yang lebih tua? Biasanya di awal mereka membangun hubungan, usia bukanlah satu-satunya aspek yang dilihat, tapi karena masing-masing menemukan kenyamanan. Kak Pingkan, seorang Psikolog dalam acara Indonesia Morning Show menyampaiakn bahwa pada dasarnya saat mencari pasangan, baik sadar atau tidak adalah didasari akan pemenuhan kebutuhan. Bagi pria yang mencari pasangan dengan usia lebih tua, ada kemungkinan kekurangan figur ibu saat kecil atau justru terlalu dimanja sehingga mendorong untuk cenderung berhubungan dengan wanita yang lebih tua. Bisa juga karena tantangan menaklukkan wanita yang lebih tua dianggap sebagai suatu pencapaian tersendiri. Lain halnya dengan wanita, ada kemungkinan mereka butuh memberikan perhatian, memberikan nasehat, dan menjadi sosok yang bisa diandalkan.

Jika pada generasi tahun 1980-an masih didominasi dengan pasangan di mana usia pria lebih tua dari wanita, maka pada tahun 2000-an mulai terjadi pergeseran, makin banyak pasangan yang usianya sepantaran. Kini pasangan dengan wanita berusia lebih tua semakin banyak ditemui. Namun sampai sekarang masih banyak anggapan bahwa hubungan itu tidak wajar. Rentang usia maksimal yang dapat diterima masyarakat kita adalah kisaran usia 3-4 tahun.

Saat Jakadara mulai menjalin hubungan tentu yang menjadi impian adalah menjadi pasangan yang selalu harmonis dan bahagia. Riset membuktikan bahwa keharmonisan pasangan yang sudah menjalin hubungan selama >15 tahun dan <5 tahun tidak jauh berbeda. Usia bukan satu-satunya kunci karena kedewasaan bukan sekedar angka, tapi bagaimana Jakadara mengelola emosi, komunikasi, dll. Pasangan dengan beda usia tentu punya tantangan tersendiri. Beda jaman, beda minat, dan beda pandangan bisa menjadi pemicu dalam hubungan. Jadi, komunikasi efektif sangatlah dibutuhkan.

Sadari segala perbedaan yang ada, baik secara biologis, karir, ataupun minat.  Setelah itu Jakadara dapat membicarakan perbedaan itu secara terbuka. Kompromi dan sepakati. Jika komunikasi tersebut tidak dilakukan dengan baik maka dapat memicu permasalahan dan perebutan kekuasaan dalam hubungan.

Sudah siap menjalin hubungan beda usia? Boleh lho Jakadara cerita tentang pengalaman Jakadara.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *