Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Manfaat Tugas Individu dan Tugas Kelompok, Kamu Lebih Suka Yang Mana?

Written by on September 26, 2020

Saat Jakadara sekolah dan kuliah pasti akan ada yang namanya tugas. Berbagai tugas diberikan oleh guru dan dosen untuk mengukur pemahaman Jakadara akan ilmu yang sudah diberikan. Tugas juga dapat membuat Jakadara belajar untuk lebih realistis dan kontekstual sehingga tidak hanya sekedar belajar tentang teori semata. Biasanya ada dua jenis tugas yang diberikan, yaitu tugas individu dan tugas kelompok. Masing-masing jenis tugas ini memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. 

Manfaat tugas individu

1. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Dengan tugas individu Jakadara dapat berpikir secara terbuka, menganalisa tiap masalah, dan mencari pemecahan dari berbagai sudut sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

2. Dapat makin memahami diri sendiri

Saat mengerjakan tugas sendiri Jakadara akan mencoba cara yang seefektif mungkin, dengan melewati proses ini, maka Jakadara sekaligus belajar memahami diri, mana cara yang sesuai dengan Jakadara, mana yang tidak.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Karena tugas dikerjakan secara mandiri dan tidak tergantung dengan orang lain, maka hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Jakadara.

Manfaat tugas kelompok:

1. Meningkatkan semangat belajar

Belajar sendiri kadang membosankan, dengan belajar kelompok Jakadara akan makin bersemangat.

2. Bertanya dan diskusi bersama teman

Ada kalanya Jakadara menemui jalan buntu saat berpikir sehingga bertanya dan berdiskusi akan membantu Jakadara menemukan jalan keluar.

3. Melatih tanggung jawab

Biasanya ada pembagian peran dalam tugas kelompok, hal ini dapat melatih rasa tanggung jawab Jakadara.

4. Saling mendengarkan dan memahami

Ada banyak kepala saat tugas kelompok yang artinya akan ada banyak ide yang bermunculan. Pandang dari sisi positifnya, saat itulah Jakadara dapat belajar untuk lebih mendengarkan dan memahmi karakter teman Jakadara

Itulah manfaat tugas individu dan kelompok, Jakadara lebih milih yang mana?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *