Streaming

PTPN RADIO

Current track

Title

Artist


Jangan Dibuang! Ini Dia 4 Hal Yang Dapat Dilakukan Dengan Air Cucian Beras

Written by on September 20, 2020

Sebagai orang yang hidup di negara yang memiliki makanan pokok berupa nasi tentunya Jakadra akrab dengan yang namanya beras. Sebelum menanak nasi biasanya Jakadara harus membersihkan beras terlebih dahulu. Setidaknya Jakadara membersihkan beras sebanyak 3 kali cuci. Lalu, apa yang Jakadara lakukan kepada air cucian beras tersebut? Dibuang atau dikumpulkan? Nah, berikut ini adalah 4 hal yang dapat dia lakukan terhadap air cucian beras.

Menyiram tanaman

Air cucian beras mengandung vitamin B, zat besi, seng, karbohidrat, protein, dan sebagian asam lemak bebas. Hal ini membuat air cucian beras dapat membantu tanaman untuk tumbuh makin subur.

Mencuci rambut

Masyarakat di kota Solo kerap menggunakan air cucian beras untuk membersihkan dan merawat rambut. Dalam cairan beras terdapat kandungan inotisol yang berfungsi untuk memperbaiki rambut yang rusak. Caranya adalah dengan menuang air beras ke rambut yang sudah dikeramasi, lalu pijat-pijat permukaan kulit kepala dengan lembut selama sekitar 20 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih. Lakukan 2 kali seminggu.

Mengurangi aroma jengkol

Jengkol adalah salah satu makanan favorit banyak orang, sayangnya jengkol memiliki bau yang kuat. Untuk mengurangi baunya Jakadara dapat merendam jengkol di dalam air cucian beras semalaman. Niscaya aroma tak sedap pada jengkol akan berkurang.

Memutihkan dan membersihkan kolang-kaling

Makanan yang satu ini paling enak jika dibuat manisan atau es buah. Warna kolang-kaling biasanya putih, namun kadang ada yang kekuning-kuninga. Merendam kolang-kaling semalaman dapat memutihkan warna kolang-kaling sekaligus menghilangkan lendirnya. Kolang-kaling putih dan kesat pun siap dieksekusi.

Kira-kira apalagi manfaar air cucian beras ya? Jakadara mau menambahi?